Categories

Bakteri Penghuni Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, dimana setiap hari kita berhubungan dengan ruangan sempit dan basah di rumah tersebut. Mulai dari kegiatan membersihkan diri hingga hanya sekadar membuang hajat dari hasil pencernaan tubuh kita.

Tanpa disadari, disamping fungsi yang penting, kehadiran kamar mandi menjadi ancaman kesehatan bagi memilikinya, bila kita tidak rajin untuk membersihkannya secara rutin dan berkala.

Sebab, kondisi gelap, lembab dan cenderung basah, kamar mandi menjadi tempat terfavorit bagi koloni, virus dan bakteri bersarang. Berikut beberapa jasat renik berbahaya yang siap mengancam kesehatan manusia penggunanya:

Bakteri Penghuni Kamar MandiVirus Gastrointestinal

Virus ini dapat menyebabkan sakit perut pada manusia. Norovirus juga termasuk di dalamnya, ia merupakan kelompok virus yg dapat menyebabkan gejala flu perut. Virus gastrointestinal sangat mudah berpindah dan akan menumpuk di bagian permukaan kamar mandi Anda.

Enteric Pathogen

Yakni sejenis organisme yg menyebar dengan cara mengontaminasi makanan yg dapat jadi dibawa melalui feses. Bakteri ini meliputi E.Coli, salmonella, higella, dan campylobacter. Bakteri E.Coli sendiri dapat menyebabkan penyakit diare dengan darah pada feses manusia. Bakteri jenis ini pernah membunuh 4 anak dan disebabkan oleh makanan yg ada di salah satu restaurant di California, Amerika Serikat pada tahun 1993.

Kulit dan penyakit pernapasan

Bakteri yg menyebabkan penyakit ini seperti staphylococcus aurea atau dikenal dengan bakteri staph yg neyebabkan penyakit Methicillin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) yakni sejenis bakteri yg menyebabkan infeksi dan kebal terhadap semua antibiotik. Di Amerika Serikat, penyakit ini pernah mewabah sekaligus paling ditakuti masyarakat di negeri paman Sam tersebut. Di Indonesia sendiri, penyakit ini masih belum terlalu dikenal sebab prevalensi (angka kejadian) yg masih rendah.

Jamur Dermatophitic

Biasanya menghinggap di kaki, dan dapat menghinggap di kaki Anda jika Anda ke kamar mandi tanpa alas kaki.
Tapi sebelum Anda mengevakuasi kamar mandi Anda, ada kabar baik buat Anda. Jika Anda membersihkannya secara teratur dan memberlakukan kebersihan, risiko kamar mandi Anda terhinggapi oleh bakteri jahat sangat kecil kemungkinannya. Jika Anda rutin membersihkannya, hanya sekitar 1%-2% bakteri patogen yg dapat membuat Anda sakit.

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

http://www.lioit.com